nusakini.com - Gerard Pique berkomentar pendek ketika ditanya reaksinya perihal penolakan Real Madrid memberikan "guard of honour" kepada Barcelona saat El Clasico, awal Mei. 

Pelatih Zinedine Zidane menegaskan, Madrid takkan memberikan tradisi yang di Spanyol disebut "pasillo" itu karena menganggap Barcelona telah lebih dahulu melanggarnya. Kesepakatan tidak tertulis berupa bentuk penghargaan dan pengakuan dari sesama pemain biasa diberikan ketika ada tim yang baru saja melakukan sebuah pencapaian.

Barcelona tidak melakukannya saat El Clasico berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Desember lalu, meski Madrid baru saja memastikan gelar juara dunia antarklub.

"Saya sudah memutuskan. Saya tidak mengerti apa itu pasillo dan itu takkan terjadi, meski sekarang kita masih jauh dari akhir musim. Barcelona sudah melanggar tradisi itu," bilang Zidane saat konferensi pers prapertandingan derbi Madrid, Sabtu (7/4) kemarin.

Ketika Barcelona usai mengalahkan Leganes 3-1 pada lanjutan La Liga Spanyol petang harinya, Pique ditanya wartawan tentang komentar tersebut.

"Saya tidak akan tidur malam ini," cetus bek tengah Barcelona itu dengan mengulas senyuman.

Kemenangan menempatkan Barcelona berada 16 poin di depan Madrid dengan sisa tujuh laga lagi musim ini. Kemenangan juga membawa Barcelona menyamai rekor 38 laga tidak terkalahkan.

"Rekor itu merupakan hasil bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik sepanjang musim ini. Kami tampil hebat di babak pertama dan kemudian sedikit mengendur di babak kedua. Tapi yang penting adalah kami tetap duduk nyaman di puncak klasemen," pungkas Pique. (fft/om)